INTISARI BATIK

2 bulan yang lalu    

Batik telah menjadi way of life bagi warga Indonesia pada umumnya dan jawa pada khususnya, batik telah menjadi identitas yang bernilai estetika dan mempunyai filosofi tingkat tinggi. Lebih dari itu, batik merupakan ekspresi budaya sarat akan idealisme dan spiritualitas yang tertuang pada makna-makna simbolik.

1. Batik sebagai Identitas

Presiden pertama RI, Ir.Soekarno mempelopori agar batik menjadi identitas bangsa Indonesia pada tahun 1950. Beliau menginginkan agar batik mampu menampilkan nilai seni budaya sebagai jati diri bangsa, sekaligus sebagai simbol persatuan dan kesatuan Indonesia. Diharapkan batik menjadi identitas budaya bangsa indonesia yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita.

2. Batik sebagai Karya Seni atau Kebudayaan

Batik bisa digolongkan sebagai karya seni atau kebudayaan yang bernilai seni tinggi berupa gambar ornamen tertentu pada kain putih yangdikerjakan dengan teknik wax-resist dying. Seni batik banyak kita jumpai desain dengan corak dan motif yang mengungkapkan sebuah ekspresi penciptanya.

3. Batik sebagai Idealisme

Membatik memerlukan ketekunan, totalitas, dan konsentrasi penuh selama pengerjaanya. Saat membatik dibutuhkan suasana penuh keheningan agar pelukis batik mampu menyatukan rasa dan karsa pada karyanya. Karya seni batik yang dikerjakan dengan proses itu akan mengekspresikan idealisme pembuatnya. 

4. Batik sebagai Alat Perjuangan

Seiring dengan corak masyarakat pada masa itu, batik tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan sandang. Batik dijadikan semacam basis perekonomian umat oleh tokoh-tokoh pedagang muslim dan para santri. Kemandirian secara ekonomi inilah yang menjadikan para tokoh pedagang muslim dan para santri tidak tunduk pada kekuasaan Belanda. Bahkan, dengan batik tersebut umat Islam mampu melindungi perekonomian rakyat, sekaligus melawan kekuasaan Belanda.

5. Batik sebagai Aktivitas Ekonomi
Dengan berkembangnya zaman, batik tidak hanya sebagai ikon budaya dan identitas bangsa, namun menjadi roda penggerak perekonomian masyarakat. Batik telah menjadi salah satu komoditas penting yang mampu menghasilkan devisa. 


6. Batik sebagai Simbol Harapan
Batik bukan hanya ekspresi seni atau budaya semata, melainkan juga mencerminkan makna simbolis akan suatu harapan atau cita-cita. Misalnya motif batik Sido Mukti, berisi sandi yang berarti harapan untuk terus-menerus menjadi mukti, yaitu hidup dalam kecukupan dan kebahagiaan. Motif batik ini melambangkan harapan akan masa depan yang baik dan penuh kebahagiaan.




Komentar Artikel "INTISARI BATIK"